cutting sticker bandung

pusat cutting Stiker bandung

Cutting sticker adalah sticker yang dibuat dengan cara dipotong dengan bantuan mesin cutting sticker dan sebuah komputer tanpa printer.
Sticker itu sendiri merupakan sebuah media yang bisa dibentuk untuk menunjukkan sebuah label, sebuah komunitas, sebuah nama, sebuah gambar, sebuah tanda dll. Cutting sticker yang sudah siap dapat ditempekan di banyak media seperti di mobil, kaca, kulkas,yang membuat media tersebut menjadi indah dan menarik untuk dilihat.
Untuk membuat cutting sticker atau Hiasan kaca dan media lainnya ,bisa menggunakan gambar sesuai yang diinginkan seperti , logo,kaligrafi, tulisan.dll
biasanya Hiasan kaca ini digunakan di perumahan ,masjid,gedung,dan kantor. tapi bisa digunakan di media lainnya
Pilihan warna sticker sangat beragam namun hanya terbatas warna-warna solid non gradasi tapi dengan sticker warna solid yang ada pun kita dapat membuat segala macam desain sticker yang kita inginkan. Untuk harga bahan stickernya yang ada dipasaran sangat bervariasi tergantung merk.
Memotong desain sticker tidak melulu garis lurus saja namun juga bisa memotong secara contour mengikuti desain gambar tentunya menggunakan mesin cutting sticker yang sudah support contour.
Kelebihan Cutting Sticker :
    • Dibandingkan dengan sticker digital printing, cutting sticker memiliki kelebihan yaitu lebih tahan lama dan warna yang tidak mudah pudar.
      Jenis sticker vinyl seperti ORACAL atau 3M SCOTCHCAL bahkan memiliki ketahanan outdoor hingga 5 tahun,dibandingkan dengan sticker printing yang biasanya sudah mulai pudar tintanya setelah 1 tahun. Ini karena cutting sticker tidak menggunakan tinta/ ink sebagai pewarna sticker melainkan sticker sudah diberi pigmen warna permanen sejak dari proses produksi oleh pabrik.
    • Jenis sticker cutting seperti scotchlite atau fosfor bisa memendarkan warna pada kondisi gelap, sedangkan pada sticker digital printing sampai saat ini tidak ditemui jenis yang seperti ini.
  • Sticker Cutting merupakan jenis sticker yang contour cut artinya bentuk atau desain sticker adalah bentuk potongan dari sticker itu sendiri. Sehingga lebih fleksibel untuk diaplikasikan ke berbagai media. Sedangkan untuk jenis sticker digital printing, hasil akhir berupa lembaran berbentuk kotak persegi.
    Tetapi pada saat ini ada teknologi terbaru yaitu PrintCut. Teknologi ini merupakan gabungan antara digital printing dengan cutting dimana sticker yang telah dicetak/ di-print akan dipotong mengikuti contour dari bentuk desain sticker tersebut. Tetapi mesin yang bisa melakukan pekerjaan ini masih tergolong mahal apalagi ketersediaan spare part nya di Indonesia masih jarang karena tergolong teknologi baru.
Kekurangan Cutting Sticker :
    • Terbatas untuk warna-warna yang solid (non gradasi).
      Akan tetapi hal ini bisa disiasati dengan teknik gambar animasi, seperti menggunakan program Raster to Vector atau pakai Corel®Trace, dll. Tentu saja tidak bisa langsung dipakai karena gambar harus dirapikan terlebih dahulu.
    • Proses pembuatan yang lebih rumit dibandingkan dengan sticker digital printing
  • Waktu pengerjaan yang lebih lama karena ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan secara manual, seperti weeding/ peeling (atau mengelupas bagian sticker yang tidak perlu)
Jenis Bahan Cutting Sticker
Jenis Bahan Cutting Sticker yang biasa digunakan saat ini adalah Vynil, Scotlight, Transparant, Glitter, Chrome, dan Dry Carbon.
Bahan Vynil dapat dikelompokkan dalam 2 macam bahan, yaitu Doff dan Glossy. Bahan vynil juga diketahui sebagai bahan yang lebih lentur, tidak mudah sobek dan warnanya lebih banyak daripada yang lain, sehingga banyak digunakan untuk stiker model cutting.
Sedang Scotlight adalah salah satu favorit pilihan banyak orang, karena bahan ini dapat memantulkan cahaya dan lebih tipis daripada vynil. apabila Anda masih bingung, Anda dapat menghubungi kami untuk berkonsultasi mengenai pemilihan dan penggunaan stiker